Cara Mengganti Air Radiator Yamaha Vixion

Motorvixion.com – hallo mas bro sekalian bagaimana kabarnya ,semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala hal , nah pada kesempatan ini saya akan bagikan informasi dan tutorial cara mengganti air radiator pada motor vixion ,bagi mas bro yang sudah penasaran langsung saja cek it dot dibawah ini

Mungkin tidak semuanya mengetahui tentang air radiator khususnya untuk mas bro yang baru saja membeli motor vixion , tapi jika sudah pengguna lama tentunya sudah mengetahui apa itu air radiator . Ya sebagian masyarakat atau pengguna motor mungkin sudah tidak asing lagi dengan komponen motor yang satu ini . Air radiator adalah cairan yang digunakan untuk mengalirkan atau menghantarkan panas dari mesin ke bagian sirip radiator yang nantinya di dinginkan oleh udara sekitar dan juga kipas pada radiator akan menyala dengan begitu suhu pada mesin agar tetep stabil dan terjaga. Tujuan dari adanya radiator pada motor yaitu agar tidak overheat

Untuk motor yang sekarang ini kebanyakan sudah menggunakan teknologi pendingin cairan atau yang disebut dengan istilah  (Liquid Cooled) dan biasanya hanya diterapkan pada motor yang sudah menggunakan mesin yang berkapasitas 150 cc atau lebih. Ya dikarenakan kapasitas mesin yang besar maka panas yang dihantarkan juga agar lebih meningkat dari pada motor yang bermesin dibawah 150 cc,jika tidak diimbangi dengan sistem pendingin yang baik maka mesin tidak akan bekerja maksimal bahkan tidak awet.

Untuk saat ini perlu mas bro ketahui bahwa pendingin mesin motor itu terbagi menjadi 2 diantaranya yaitu ada yang masih konvesional menggunakan udara sebagai pendingin utama dan yang terbaru yaitu menggunakan radiator jenis cairan sebagai pendingin utama.

Sedangkan salah salah satu motor yang menggunakan mesin 150 cc dan sudah menggunakan teknologi liquid cooled adalah yamaha new vixion . Untuk pengguna motor yang satu ini diindonesia lumayan cukup banyak , begitu juga dengan komunitas motor vixion yang sudah menyebar diberbagai kota yang ada di indonesia ini.

Nah walaupun pengguna motor vixion banyak tapi sedikit yang memperhatikan perawatan radiator pada motor vixion ini , untuk perawatannya cukup selalu mengecek kondisi air radiator pada tabung tabung reservoir pada motor vixion , jika sudah habis maka bisa ditambahkan dengan air radiator baru , atau jika mengganti secara berkala setiap 9000 – 10.000 km

Nah bagi mas bro yang ingin mengganti air radiator pada motor vixion sendiri maka bisa dilakukan dengan mudah kok , tidak terlalu sulit,dibawah ini saya akan sharing langkah langkah yang harus dilakukan untuk melakukan penggantian air radiator pada motor vixion .

Sebelum melakukan penggantian ada beberapa alat yang dibutuhkan diantaranya yaitu sebagai berikut ini :

  • Kaleng bekas yang digunakan untuk menampung air radiator bekas
  • Kunci Pas nomer 10
  • Kunci L
  • Obeng jika diperlukan
  • Air radiator / cairan coolant yang baru *bisa dibeli di bengkel yamaha

Jika mas bro sudah menyiapkan alat alat diatas maka langkah selanjutnya yaitu tinggal membongkar untuk mengetahui letak tabung reservoir pada motor vixion dan juga mengetahui baut pembuangan air radiator vixion. OK tanpa berlama lama yuk simak penjelasanya dibawah ini :

  1. Jika motor mas bro old vixion maka harus mengcopot side cowl bagian kanan dimana dengan melepas ini nanti kita bisa memasukan air radiatornya begitu juga untuk pengguna motor new vixion , jika sudah dicopot maka gambarnya seperti berikut ini :
    Cara-Mengganti-Air-Radiator
  2. Kemudian jika sudah terbongkar seperti gambar diatas maka langkah selanjutnya yaitu menyiapkan nampan atau lodong bekas yang digunakan untuk menampung bekas air radiator atau air coolant pada radiator motor vixion .
  3. Setelah nampan, kaleng bekas sudah siap maka langkah selanjutnya yaitu kendorkan baut pembuangan yang berada di bagian head , gambarnya bisa dilihat dibawah ini , untuk mengendorkan buat tersebut mas bro bisa menggunakan kunci ukuran 10 atau bisa juga menggunakan kunci T
    Cara-Mengganti-Air-Coolant-Yamaha-New-Vixion
  4. Setelah itu agar air radiator  bisa keluar semuanya maka jangan lupa untuk membuka penutupnya ,anda bisa membuka penutup pada bagian kipas radiator seperti  gambar dibawah ini :
    Mengganti-Air-Radiator-New-Vixon
    Setelah terbuka seperti gambar diatas, maka jangan lupa untuk menguras habis air radiatornya sampai bersih , jika sudah dirasa kosong alias habis maka langkah selanjutnya yaitu menutup lagi baut pembuangan air radiatornya , kemudian mas bro bisa mengisi air coolant atau air radiatornya pada bagian gambar diatas, untuk harga air radiator sendiri banyak dijual di pasaran harganya mulai dari 25 ribu sampai 35 ribuan.
  5. Setelah itu mas bro jangan lupa juga untuk mengisi air radiator pada bagian tabung atau tangki reservoirnya yang letaknya bagian sebelahkiri dekat dengan tangki bahan bakar. Mas bro harus membongkar motor new vixionnya terlebih dahulu dan membuka jok motornya seperti gambar dibawah ini :
    Proses-Cara-Mengganti-Air-Radiator
  6. Jika sudah dibuka maka langkah selanjutnya yaitu mas bro bisa mengisi air radiator ke bagian tangkinya , untuk letaknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini :
    Tangki-Recervoir-Penggantian-air-radiator-New-vixion
  7. Selanjutnya mas bro bisa tuangkan air radiatornya ke dalam tangki reservoir diatas dengan menggunakan corong atau daun agar tidak tumpah kemana mana. Jika sudah full maka bisa dilihat pada bagian bawah ,dan bisa dihentikan pengisian air radiatornya.
  8. Langkah selanjutnya tinggal memasang kembali penutup tanki reservoirnya dan memasang body yang sudah dibongkar sebelumnya.
  9. Selesai

Untuk mas bro yang masih bingung bagaimana cara mengganti dan menguras air radiator pada motor vixion maka bisa dilihat channel youtube gondes motovlog atau bisa juga dilihat pada video dibawah ini :

Ya dichannel youtube tersebut banyak tutorial motor yang membahas mengenai motor vixion ,mas bro bisa bertanya dan sharing pengalaman.

Demikian informasi yang membahas mengenai Cara Mengganti Air Radiator Yamaha Vixion ,semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini yaitu motorvixion.com , jangan lupa untuk bagikan ke teman temannya agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Reply