Efek Gonta Ganti Merek Oli Mesin di Motor Vixion

motorvixion.com – hallo mas bro sekalian bagaimana kabarnya di pagi hari yang cerah ini , ya kita sudah memasuki hari kedua bulan ramadhan ini semoga kita semuanya diberikan kekuatan hingga bisa berbuka puasa bersama keluarga yang kita cintai. Nah bro sekalian pada kesempatan ini saya akan bagikan beberapa informasi mengenai apa sih efek gonta ganti merek oli mesin , misalnya menggunakan shell ax 7 , enduro, yamalube dll…? untuk itu yuk simak dibawah ini

Mengganti oli mesin motor secara berkala merupakan sudah wajiban pemiliki motor dalam melakukan perawatan motor vixion , dan biasanya dalam penggantian oli mesin motor tersebut berdasarkan pemakaian ,waktu atau jarak tempuh dan daya tahan performance oli motor tersebut, kenapa harus rajin melakukan ganti oli mesin motor secara berkala…?

Oli mesin motor yang mengalir di mesin akan memiliki batas pemakaian , tidak selamanya kondisi oli tersebut baik digunakan ,kondisi oli yang semakin lama digunakan maka akan semakin kotor karena sisa residu akibat pembakaran pada mesin dan juga gesekan yang terjadi antar komponen mesin motor atau gear2 didalamnya. Selain itu juga panas yang dihasilkan oleh mesin juga berpengaruh pada molekul oli,maka dari itu beberapa hal diataslah yang membuat kita sebagai pemilik kendaraan motor harus mengganti oli secara berkala agar mesin motor lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga Artikel :

Nah membahas mengenai topik gonta ganti oli mesin motor ada beberapa opini yang beredar di beberapa forum internet dan juga sebagian dari masyarakat ,salah satunya yaitu ada yang bilang ” jangan ganta ganti oli beda merk terlalu sering. Ya alasannya juga beragam dalam hal jangan mengganti oli beda merk ada yang berpendapat bahwa mesin motor bisa rusak, cepat panas (overheat) ,kemudian memperpendek umur mesin,dan juga dapat menurunkan tenaga mesin motor.? emm bagaimana menurut mas bro sekalian.

Jenis dan merek oli mesin yang beredar dipasaran memang banyak ragam mulai dari oli sintetik, oli mineral kemudian untuk tingkat kekentalan juga bermacam macam jenisnnya mulai dari 10w -40 dan juga 15w – 40 tergantung kebutuhan kendaraan tersebut, tapi untuk mesin motor yang sekarang ini yang rata2 sudah menggunakan mesin 150 cc rata2 menggunakan oli yang berkode 10w -40.

Nah sebelum mas bro mengganti oli sebaiknya perhatikan dulu jenis dan tipe oli mesin tersebut hal tersebut bisa dilihat dari oli yang sebelumnya digunakan atau yang di rekomendasikan oleh pabrikan di buku petunjuk.

Nah dibawah ini adalah beberapa efek yang terjadi jika mengganti oli beda merek ,tapi berdasarkan pengalaman saya pribadi , saya sering gonta ganti oli merek lain tapi gak papa tuh hehe sudah 2 tahun :3 oli yang saya gunakan yaitu shell ax 7, enduro, yamalube ,ya mungkin belum terasa aja sih hehe  tapi gak tahu juga, coba deh nanti kapan kapan saya tanyakan sama mekanik yang udah jago urusan mesin terus nanti kalau sudah saya akan sharing di blog ini ..

Efek Yang Terjadi Jika Sering Gonta Ganti Oli Mesin Beda Merek

Shell AX 7

  • Mesin Motor Panas
    Untuk yang terjadi apa bila kita sering gonta ganti oli beda merek dari beberapa opini yang ada di internet yaitu katanya yang paling umum adalah mesin motor menjadi panas, ya ini bisa disebabkan karena oli baru yang kita gunakan tersebut mengandung bahan bahan yang jika tercampur dengan bahan oli yang lain menyebabkan reaksi kimia dan memunculkan jenis bahan lain yang berdampak oli menjadi kurang baik dalam melumasi gear dan perangkat di dalamnya dan akibatnya karena tercampur bahan kimia yang bermacam macam menyebabkan gesekan yang timbul membuat mesin overheat ,emm pie menurutmu mas bro sekalian ..?
  • Dapat Menimbulkan endapan atau kerak
    Kalau yang ini bagaimana menurutmu mas bro ..? seperti yang sudah saya jelaskan diatas yaitu dikhawatirkan bahan atau senyawa yang terdapat pada oli mesin tersebut bercampur dari oli yang baru kemudian dapat menimbulkan kerak pada mesin motor dan hal ini jika menumpuk terlalu lama maka bisa menyebabkan performance mesin menurun, tapi kalau di pikir pikir lagi bener juga ya haha , tapi kok mesin motorku masih aman aman aja..? emm

Kesimpulan :
Dari beberapa referensi dan rekomendasi dari beberapa teman maka mas bro bisa melakukan flashing atau pembersihan oli lama dengan cara mudah tapi lumayan bisa menghabiskan uang, misalnya oli yang pertama kali mas bro gunakan adalah yamalube , maka mas bro ingin mengganti oli shell ax 7 maka siapkan oli tersebut 2 buah , nah caranya yaitu ganti oli seperti yang biasa mas bro lakukan , kemudian hidupkan mesin setelah tercampur semuanya *contoh sudah digunakan 100 km ,kemudian oli shell ax 7 tadi dibuang dan diganti dengan yang baru lagi untuk memastikan bahwa oli yang lama bisa bersih sehingga mengurangi resiko efek buruk yang ditimbulkan akibat gonta ganti merek oli .

Nah bagaimana menurutu mas bro sekalian mengenai informasi diatas, semoga berguna ya dan bermanfaat dan tentunya menambah pengetahuan buat mas bro sekalian tentang efek gonta ganti merek oli , jangan lupa untuk like, comment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya.

Efek Gonta Ganti Merek Oli Mesin di Motor Vixion | admin | 4.5

Leave a Reply