4 Faktor Penyebab Cepat Lambatnya Melakukan Penggantian Oli Mesin

motorvixion.com – hallo mas bro sekalian , masih membahas mengenai oli motor nih , nah pada kesempatan ini saya akan bahas beberapa faktor yang mempengaruhi atau yang menjadi penyebab kenapa kita harus cepat mengganti oli mesin dengan yang baru, nah apa bila mas bro melakukan 4 hal dibawah ini maka saya sarankan untuk mengganti oli lebih cepat tanpa harus nunggu 2500 km ,nah penasaran to yuk simak dibawah ini .

Jadi seperti yang kita ketahui bersama bahwa oli pada pada mesin motor itu berfungsi sebagai pelumas komponen komponen yang ada di dalam motor agar bisa mengurangi gesekan setiap komponen tersebut, selain itu oli juga membantu untuk untuk menstabilkan suhu pada mesin.

Dibawah ini saya akan share berdasarkan pengalaman pribadi dalam hal faktor apa saja yang membuat cepat lambatnya penggantian oli mesin ,nah kurang lebih ada 4 faktor yang menyebabkan hal tersebut diantaranya yaitu Kilometer, Cara Berkendara, Kekentalan Oli , dan Bahan Dasar Oli . SO jika mas bro punya tambahan maka bisa berkomentar dibawah postingan ini.

4 Faktor Yang Mempengaruhi Cepat Lambatnya Melakukan Penggantian Oli Mesin

Oli Mesin Motor

  1. Kilometer
    Menurut saya pribadi dan mungkin berdasarkan buku petunjuk sudah menjadikan patokan banyak pengguna motor bahwa mengganti oli mesin bukan berdasarkan waktu misalnya 1 bulan , 2 bulan dll tapi berdasarkan jumlah kilometer (km) yang didapatkan dalam menggunakan motor. Sebagai contoh misalnya ada pengguna vixion 1 dalam 1 bulan menggunakan motor bisa menempuh jarak 2000 km , sedangkan pengguna vixion 2 dalam 1 bulan menggunakan motornya bisa menempuh jarak 1000 km , maka pengguna motor vixion yang pertama kali mengganti adalah yang pengguna vixion 1 karena dalam 1 bulan sudah menempuh 2000 km, sedangkan pengguna vixion 2 mungkin bulan berikutnya baru ganti oli karena berdasarkan patokan Kilometer (KM) pada speedometer.
  2. Cara Berkendara
    Cara berkendara juga mempengaruhi cepat atau lambatnya dalam pengganti oli mesin motor, nah jika seorang pengguna motor sering ngebut atau main di gas rpm tinggi ,misalnya pengguna motor offroad, atau orang yang suka geber2 gas ,orang yang freestyle, orang yang suka drag ,motor buat angkut barang berat. Motor motor yang digunakan di rpm tinggi maksudnya adalah kalau mesin motor digunakan atau di pacu dengan kecepatan tinggi dan rpm tinggi tentunya oli akan bekerja lebih extra keras untuk melumasi seluruh bagian komponen mesin yang ada di dalamnya sehingga daya tahan oli lebih rendah.
  3. Bahan dasar Oli
    Seperti yang kita ketahui bersama mas bro sekalian bahwa bahan dasar oli itu dalam pembuatanya ada 3 jenis diantaranya yaitu :
    Oli mineral,Semi Syntetic dan ,Full Sytetic .
    Oli mineral umumnya menggunakan bahan dasar dari minyak bumi yang telah di proses sedemikian rupa sedangkan untuk oli jenis full syntetic yaitu menggunakan bahan yang dibuat oleh manusia ,kalau semi syntetic yaitu campuran dari oli mineral dan full senyetic yang mana banyak digunakan untuk mesin yang di produksi diatas tahun 2001 keatas.
    Untuk oli full syntetic kualitasnya lebih baik dan juga lebih tahan lama, karena sudah menggunakan bahan bahan yang sudah diperhitungkan oleh para pakar insinyur agar cocok di mesin kendaraan. Sedangkan di indonesia ini sudah ada lho dipasaran oli full syntetic yang mengklaim olinya bisa bertahan hingga 4000 km.Dengan kualitas yang bagus dan lebih tinggi tentunya harga oli full syntetic biasanya lebih mahal.
  4. Kekentalan Oli Mesin Motor
    Faktor yang satu ini menurut saya juga mempengaruhi bagi kualitas dan juga daya tahan oli mesin motor , untuk kekentalan oli yang dijual dipasaran bermacam macam dan yang kebanyakan dijual dipasaran yaitu 10w-40, 15w-40, dan 20w-40 maksud dari angka tersebut yaitu semakin besar angka sebelum huruf w maka oli tersebut semakin kental dengan jenis bahan dasar yang sama. Perlu diketahui bahwa oli yang kental itu memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan oli yang encer , karena oli yang kental tentunya akan lama untuk menjadi encer ,tapi jika menggunakan oli yang kental maka tarikan mesin motor lebih berat dibandingkan dengan oli yang memilki tingkat kekentalan lebih encer.

OK mas bro sekalian mungkin sharing2nnya sampai disini dulu, kalau mas bro punya pengalaman bisa sharing2nya dibawah ini.

Demikian informasi yang membahs mengenai 4 Faktor Penyebab Cepat Lambatnya Melakukan Penggantian Oli Mesin,semoga bermanfaat dan terima kasih udah berkunjung di blog saya ini, jangan lupa untuk like, comment dan share agar lebih banyak yang mendapatkan manfaatnya

4 Faktor Penyebab Cepat Lambatnya Melakukan Penggantian Oli Mesin | admin | 4.5

Leave a Reply