Perbedaan New Vixion dengan All New Vixion R Terbaru 2017

Hallo mas bro sekalian jumpa lagi dengan saya hehe akhirnya selama ini saya sebagai pengguna vixion sudah lega hehe lega kenapa mas..? karena akhirnya all new vixion 2017 sudah lahir bro alias sudah dirilis hehe . Sebenarnya saat spyshoot muncul di sosial media membuat saya jadi penasaran fitur apa aja yg baru dri all new vixion tersbut haha ternyata versi yang baru ini lebih wow dibandingkan sebelumnya . Nah apa saja sih yang bikin wow alias perbedaan new vixion advance 2016 dengan new vixion terbaru 2017..? untuk itu yuk simak dibawah ini .

Langsung dari lokasi saat saya menghadiri acara IIMS (indonesia internasional motor show) yang berada di daerah kemayoran akhirnya PT yamaha motor manufacturing (YIMM) meluncurkan produk terbarunya yaitu All new vixion dan All New Vixion R ,2 produk tersebut masih dari vixion series tentunya. Produk motor vixion ini pertama kali di kenalkan di masyarakat indonesia di tahun 2007 dan berdasarkan data AISI naked bike motor ini sudah terjual 2.5 juta unit hingga sekarang itu artinya produk motor ini laris manis ,tangguh , handal, dan bagus.

Pembaruan dari yamaha new vixion advance ini lebih mengarah ke durable engine yang didukung juga dengan pembaruan mesin yang baru kapasitas 150 cc LC4V yang lebih bertenaga dan lebih responsif. Keunggulan utama dari motor all new vixion 2017 ini yaitu sudah menggunakan fitur assist dan slipper clutch , rantai sudah menggunakan jenis oring, swing arm banana , ban belakang lebih besar 130/70, body yang baru dan paling keren itu new vixion sudah menggunakan transmisi 6 percepatan.

Penggunaan fitur assist ini akan membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan , sedangkan fitur slipper clucth membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus sehingga akselerasi semakin lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Mesin All new vixion 2017 juga sudah dibekali dengan teknologi DiASiL Cylinder dan forged piston yang membuat daya tahan mesin 3 x lebih awet , 3x lebih kuat dan juga 3 kali lebih ringan well banget kan bro ..

Selain itu New vixion 2017 ini menawarkan good stability bagi pengendaranya, kerangka motor yang sudah deltabox yang sudah teruji ,lebih nyaman untuk bermanuver ditambah juga dengan suspensi jenis monocross yang lebih stabil dalam berkendara. Sedangkan untuk pengereman motor all new vixion ini sudah dibekali cakram depan dan belakang agar lebih optimal dalam menghentikan laju kecepatan motor.

Lalu apa saja sih perbedaannya …? yuk simak dibawah ini

Desain All New Vixion

Kalau dari desain sendiri menurut saya sangat sangat berbeda dibandingkan versi sebelumnya lebih keren yang sekarang untuk desain tangkinya sama body belakangnnya, tapi kalau di lihat lebih enakan yang dulu , nih screenshoot perbedaan desain new vixion 2016 dengan all new vixion 2017 sekarang.

Konsep yang digunakan pada motor yamaha new vixion 2017 ini yaitu ke new sporty style dimana pada bagian speedometer sudah menggunakan full digital dengan sapaan pertama kali saya dihidupkan kontak yaitu HI BUDDY  yang dapat diubah sesuai dengan nama pemiliki. Lampu depan dan juga lampu bagian belakang sudah menggunakan teknologi LED dengan model lampu yang agresif serta pencahayaan yang cukup terang dan membuat tampilan menjadi semakin sporty. Kemudian pada bagian desain mesin lebih tepatnya desain undercowl lebih terlihat ngisi gak kosong membuat tampilan motor menjadi lebih sporty.

Tanki Udah menggunakan Cover

Untuk tanki yang digunakan pada all new vixion sudah menggunakan cover yang sebelumnya yaitu full besi sekarang sudah di balut dengan cover tanki yang memiliki desain elegant dan kesan sporty, berikut ini penampakannya.

Desain Shroud yang lebih runcing dan panjang hingga menutupi bagian radiator, berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya memiliki desain Shroud yang kecil, untuk kapasitas tangki bahan bakarnya yamaha new vixion 2017 dibekali sampai 12 liter untuk versi standard dan untuk new vixion R  2017 dibekali tangki kapasitas 11 liter.

Desain Stoplamp dan Headlamp Yang Berbeda

Untuk desain headlamp dan stop lamp pada all new vixion 2017 mengalami perubahaan yang lumayan cukup signifikan. desain headlamp yang sekarang lebih sedikit meruncing dan juga untuk stoplamp desainya mirip dengan yamaha xabre berikut ini untuk detail penampakannya.

Desain lampu pada all new vixion ini sudah mengusung jenis lampu LED baik pada lampu utama dan juga pada lampu stop lamp ,terlihat lebih keren dibandingkan versi sebelumnya yang masih menggunakan jenis lampu bohlam, untuk pencahayaan saat digunakan malam hari tentunya jauh lebih terang jenis LED dibandingkan bohlam. 

Speedometer Full Digital LCD

Untuk desain speedometer pada all new vixion 2017 sudah menggunakan full digital dengan informasi yang lengkap dan jelas. Panel yang ada didalamnya antara lain ada panel penunjuk kecepatan (speedometer) , ada penunjuk RPM , bahan bakar (fuel comsumtion) , jam digital dan masih banyak lagi lainnya. Yang lebih keren pada all new vixion 2017 ini ketika mas bro menghidupkan kontak pertama kali maka akan di sambung dengan tulisan Hi buddy dan tulisan tersebut dari yamaha katanya bisa diganti. emm jadi makin kece aja nih speedometernyya

Speedometer diatas desainnya mirip dengan motor terbaru dari yamaha yaitu R15 terbaru 2017.

Terdapat Lampu Hazard

Sebagian pengguna new vixion banyak yang mengeluh ingin motornya digunakan untuk touring tapi belum terdapat lampu hazard, untuk itu yamaha menyematkan tombol lampu hazard untuk menghidupkan yang letaknya berada dibagian bawah swich engine cut , berikut ini penampakannya.

Mesin Motor Yang Baru

Motor All new vixion ini dirilis 2 produk sekaligus yaitu yang versi all new vixion standard dan juga all new vixion R. perbedaan dari kedua motor tersebut yaitu dari mesin , untuk all new vixion standard mesinnya sudah dibekali mesin baru yaitu sudah ada assist dan slipper clutch , asisst sendiri fungsinya lebih ke mempermudah saat mengoper gigi ,sedangkan slipper clutch lebih memudahkan saat mengurangi gigi atau downshift. Sedangkan pada all new vixion r terdapat assist dan slipper clutch ditambah lagi  mesinnya sudah berkapasitas 155 cc yang sudah disematkan teknologi VVA (Variable Valve Actuation (VVA) yang lebih berfungsi untuk menjaga akselerasi motor menjadi lebih kencang.

Mesin motor all new vixion r sudah menggunakan 6 percepatan yang tentunya menjadi lebih mantab dan bahan bakar menjadi lebih irit.

Desain Velg Baru dan Ban Lebih Besar

Pada motor all new vixion standard untuk velg dan ukuran ban masih menggunakan yang lama , sedangkan untuk motor all new vixion r 2017 sudah menggunakan velg palang y yang mirip dengan motor yamaha r15 dan ukuran ban yang lebih besar , Untuk velgnya ukuran 4,0 inci dengan ban 130/70/17.

All New Vixion Ada Jalur Kabel Pendukung USB Charger

Pada motor all new vixion 2017 ini sudah disematkan juga kabel pendukung USB charger yang berfungsi untuk membantu mengisi daya gadget yang dimiliki pendara,jadi motor ini sangat cocok digunakan untuk harian ataupun untuk touring.

Spesifikasi All New Vixion Standard

Length x Width x Height                     1955 x 720 x 1025 mm

Wheelbase                                            1295 mm

Ground clearance                                165 mm

Seat height                                            795 mm

Curb weight                                          132 Kg

Fuel tank capacity                                12 L

Engine type                                           Liquid Cooled 4-stroke, SOHC

Cylinder arrangement                         Single Cylinder

Bore x stroke                                        57 x 58.7 mm

Compression Ratio                               10.4±0.4 : 1

Cylinder Volume                                  149.8 cc

Maximum power                                  12.2 kW / 8500 rpm

Maximum torque                                 14.5 Nm / 7500 rpm

Starting system                                     Electric

Lubrication system                              Wet sump

Fuel system                                           Fuel Injection

Clutch type                                            Wet Type Multi-Plate Clutch

Transmission type                                Manual

Frame type                                            Diamond

Front suspension                                 Telescopic

Rear suspension                                   Swing Arm

Wheel type                                           Tubeless

Front wheel                                          90/80-17M/C 46P

Rear wheel                                            120/70-17M/C 58P

Spesifikasi All New Vixion R

Length x Width x Height                     1950 x 720 x 1025 mm

Wheelbase                                            1320 mm

Ground clearance                                165 mm

Seat height                                            795 mm

Curb weight                                          131 kg

Fuel tank capacity                                11 L

Engine type                                           Liquid Cooled 4 Stroke, SOHC

Cylinder arrangement                         Single Cylinder

Bore x stroke                                        58 x 58.7

Compression Ratio                               11.6±0.4 : 1

Cylinder Volume                                  155.1 cc

Maximum power                                  14.2 kW / 10000 rpm

Maximum torque                                 14.7 Nm / 8500 rpm

Starting system                                     Electric Starter

Lubrication system                              Wet Sump

Fuel system                                           Fuel Injection

Clutch type                                            Wet Type Multi-Plate Clutch

Transmission type                                Manual

Frame type                                            Diamond

Front suspension                                 Telescopic

Rear suspension                                   Swing Arm

Wheel type                                           Tubeless

Front wheel                                          90/80-17M/C 46P

Rear wheel                                            130/70-17M/C 62P

Sedangkan untuk pilihan warnanya ada 4 pilihan warna diantaranya yaitu Matte Silver, Red Black dan Matte Black

Kesimpulan

Emm jadi harus pilih yang all new vixion standard atau yang all new vixion r …? jawabannya tergantung kebutuhan mas bro dan kemampuan saat membelinya , kalau mempunyai uang yang lebih saya sarankan untuk membeli yang all new vixion r karena sudah menggunakan mesin baru yang basisnya mirip dengan yamaha R15, sudah VVA, assist dan slipper clutch , 155cc , rantai sudah oring, ban lebih lebar, 6 percepatan , lebih irit tentunya, lebih sporty hehe. SO pilihan anda ditangan mas bro ,monggo di kunyah2 dulu

Gondes Motovlog

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Perbedaan New Vixion dengan All New Vixion R Terbaru 2017 yang dipublish pada June 18, 2022 di website Blog Modifikasi Motor Vixion

Artikel Terkait

Leave a Comment